Menu Utama

XL Jamin Tidak Terjadi Kelangkaan Pulsa


PT XL Axiata Tbk menjamin tidak terjadi kelangkaan pulsa jika pedagang server pulsa bertransaksi di dalam clusternya sesuai sistem baru. Ini diungkapkan JOEDI WISOEDA VP Channel Management and Strategy PT XL Axiata Tbk.

Saat dihubungi surasurabaya.net, dia mengatakan sistem cluster ini diterapkan justru untuk menjamin ketersediaan pulsa di suatu daerah berdasarkan supply dan demand. Selain itu, sistem ini dibuat juga agar terjadi keseimbangan bisnis pada tiap cluster.

Dulu sebelum sistem ini diberlakukan, XL memasok pulsa ke tiap daerah berdasarkan revenue yang didapat dari tiap daerah. Tapi ternyata cara pengukuran macam ini tidak menggambarkan distribusi pulsa yang tepat berdasarkan supply dan demand. “Dengan sistem baru ini, maka kita mengalokasikan pulsa berdasarkan permintaan dan penawaran yang terekam dalam sistem Base Transceiver Station (BTS),” kata dia.

Penerapan distribusi pulsa dengan cara lama, kata JOEDI, punya konsekwensi ‘mematikan’ pedagang pulsa di cluster yang kering. “Ilustrasi sederhananya seperti ini, jika anda ada di Kalimantan dan membeli pulsa dari agen di Surabaya. Maka ini akan mematikan agen yang ada di Kalimantan,” kata dia.

Pemain pulsa server yang ada di lini kedua setelah dealer dan sebelum agen ini, kata JOEDI, juga punya macam-macam modus dalam mendistribusikan pulsa, diantaranya dengan cara retail dan ada juga yang dengan sistem host to host. Keduanya memungkinkan untuk bertransaksi di luar cluster yang juga memungkinkan terjadinya ketidakseimbangan supply dan demand.

Sejumlah pertemuan dengan pedagang pulsa server, kata JOEDI, sudah dilakukan sehingga mencapai sejumlah kesepakatan. Diantara kesepakatannya adalah jaminan dari XL bahwa dealer tetap memasok pulsa ke server pulsa untuk alokasi inner (di dalam cluster) dan keleluasaan untuk menjual pulsa alokasi outer (di luar cluster) maksimal 35%.

Pada bagian lain, dealer juga diberikan kewenangan mengelola transaksi outer agar tidak melebihi kuota 35% yang diperbolehkan. Pada sisi end user, JOEDI mengaku rutin melakukan survey ke 10 area distribusi pulsa XL. Dari hasil survey yang dilakukan secara acak pada 100 outlet setiap harinya, tidak ditemukan kelangkaan seperti yang disebut oleh para pengusaha pulsa server.

Tapi jika memang ada kesulitan untuk mendapat pulsa XL, JOEDI menyarankan pelanggan untuk membelinya langsung dari dompet pulsa XL yang tersedia di konter-konter resmi XL di wilayah masing-masing.

[SuaraSurabaya]

View the original article here

Related For XL Jamin Tidak Terjadi Kelangkaan Pulsa