Menu Utama

UKM di Daerah Pun Kini Butuh Broadband

| Info

JAKARTA – Saat ini jaringan broadband tidak hanya dikonsumsi oleh enterprise di kota-kota besar saja, karena tingkat kebutuhan UKM di daerah untuk jaringan tersebut pun kini sudah sama besarnya.

Hal di atas dinyatakan oleh Sylvia W. Sumarlin dari PT Xirka Silicon Technology. Ia mengatakan bahwa jumlah kebutuhan UKM atas jaringan broadband semakin membesar.

“Sebagai contoh, para nelayan di pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur sudah mulai menggunakan jaringan broadband untuk usaha mereka,” ujar Sylvia di Jakarta, Rabu (21/9/2011).

“Terakhir saya ke sana tiga tahun yang lalu, para nelayan tersebut sudah menggunakan internet. Mereka menggunakan jasa Google untuk mengetahui kondisi cuaca, karena cuaca sangat mempengaruhi jumlah ikan yang berada di laut,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh I Nyoman G. Wiryanata, Director of Consumer Pt. Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Ia mengatakan bahwa jaringan broadband kini sudah mulai banyak digunakan oleh para UKM di daerah.

“Contohnya ketika kami membuka jaringan internet di Pulau Nias. Sebelumnya daerah tersebut cukup tertinggal untuk mendapat informasi. Kini setelah akses internet masuk, kondisi masyarakat di sana semakin terangkat. Informasi semakin cepat diakses, pendidikan, begitu pula perekonomian,” papar I Nyoman.

Sayangnya, sampai saat ini standar broadband di Indonesia masih sebesar 100 mbps, yang masih tergolong lambat untuk standar internasional. Oleh karena itu dikatakan bahwa keberadaan broadband di Indonesia dengan kecepatan tinggi saat ini sudah mutlak dibutuhkan.

“Dunia sudah banyak berubah saat ini. Keberadaan broadband dengan speed tinggi sudah sangat dibutuhkan. Ibaratnya seperti butuhnya kita terhadap listrik saat ini,” ujar I Nyoman.

“Tentunya semua itu harus didukung infrastruktur yang memadai, juga pengaturannya,” tambahnya.
(ATA)

View the original article here

Related For UKM di Daerah Pun Kini Butuh Broadband