Menu Utama

Tahun Depan, Broadband Harus Cover 30% Indonesia

| Info

JAKARTA – Seiring perkembangan waktu, saat ini di Indonesia mutlak dibutuhkan jaringan broadband berkecepatan tinggi.

I Nyoman G. Wiryanata, Director of Consumer Pt. Telekomunikasi Indonesia (Telkom), mengatakan bahwa keberadaan broadband di Indonesia dengan kecepatan tinggi saat ini mutlak dibutuhkan.

“Dunia sudah banyak berubah saat ini. Keberadaan broadband dengan speed tinggi sudah sangat dibutuhkan. Ibaratnya seperti butuhnya kita terhadap listrik saat ini,” ujar I Nyoman, di Jakarta, Rabu (21/9/2011).

Komentar bernada sama juga diutarakan oleh M Budi Setiawan, Ditjen SDPPI Kementrian Kominfo, ia mengatakan bahwa selain cepat, broadband di Indonesia juga harus murah. “Ke depannya broadband di Indonesia harus murah seperti sembako,” ungkapnya seraya berkelakar.

Budi mengatakan bahwa sesuai dengan rencana pemerintah, ke depannya broadband di Indonesia harus meng-cover 30 persen wilayah negara keseluruhan dan meliputi 75 persen kota besar/kabupaten.

“Tentunya semua itu harus didukung infrastruktur yang memadai. Juga pengaturannya,” ujar I Nyoman.

Budi Setiawan juga mengatakan bahwa untuk mewujudkan broadband berkecepatan tinggi, harus diperhatikan beberapa aspek yakni manajemen spektrum frekuensi dan pemanfaatan spektrum pita lebar nirkabel.

“Sementara tantangan yang ada dalam di spektrumnya adalah regulasi pemerintah yang suka tertinggal dengan teknologi baru, perbedaan standar bagi pihak yang berkompetisi, metode pengelolaan, dan lain-lain,” papar Budi.

Budi dan I Nyoman pun menyimpulkannya bahwa untuk ke depannya tetap dibutuhkan dukungan penuh yang nyata dari pemerintah untuk mewujudkan broadband berkecepatan tinggi di Indonesia. (tyo)

View the original article here

Related For Tahun Depan, Broadband Harus Cover 30% Indonesia