Menu Utama

Samsung Kalahkan Apple?

Masalah kepopuleran telepon seluler (ponsel) pintar, Apple iPhone yang menang. Namun jika “banyak-banyakan” ponsel pintar di pasar, Samsung yang menang. Menurut laporan perusahaan riset Strategy Analytics, Samsung berhasil melewati Apple sebagai produsen ponsel pintar terbesar di dunia pada kuartal tiga tahun ini.

Seperti dilaporkan Los Angeles Times, Samsung lebih banyak mengirimkan ponsel pintar ke toko ritel dibanding Apple pada Juli-September, tapi belum jelas apakah keuntungan penjualan ponsel pintar Samsung melebihi Apple.

Apple tidak mengungkapkan angka keuntungan penjualan untuk iPhone dan hanya melaporkan telah menjual 17 juta iPhone pada kuartal ini.

Perusahaan rakasasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu, menyatakan bahwa penjualan iPhone naik 21% selama kurtal itu dibanding kuartal tahun lalu.

Menurut Strategy Analytics, pengiriman ponsel pintar Samsung mencapai 28 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 24%.

Pangsa pasar Apple pada kuartal terakhir sebesar 15%, Hal itu membuat Apple berada di tempat ke dua. Sementara Nokia berada di peringkat ketiga dengan pangsa pasar sebesar 14%.

Tanpa angka penjualan, sulit untuk menentukan siapa yang menjadi raja ponsel pintar global. Salah satu keuntungan Samsung adalah menghasilkan perangkat lebih besar dari iPhone Apple.

Setidaknya terdapat 18 ponsel pintar samsung yang menjalankan sistem operasi Google Android dan dijual di AS dan tidak termasuk ponsel pintar yang mendatang (dan belum dikirim) seperti ponsel pintar Galaxy Nexus, ponsel pintar yang dikembangkan bersama Google. Selain itu, Samsung juga memproduksi ponsel pintar yang berbasis sistem operasi Micocrosoft Windows Phone.

Sementara, Apple hanya menghasilkan tiga jenis iPhone yaitu  iPhone 3GS, iPhone 4, dan iPhone 4S.

Apple dan Samsung adalah musuh rival utama dalam bisnis ponsel pintar dan saat ini kedua perusahaan itu sedang bersengketa hukum di pengadilan terkait pelangggara paten di Eropa, Asia, Australia, dan AS.

Sementara dua perusahaan teknologi itu saling menggugat satu sama lain dan bersaing memperebutkan jutaan dolar dari kantong konsumen, kedua perusahaan adalah mitra bisnis. Samsung menyediakan komponen untuk iPhone Apple dan berbagai produk iPad.

[http://www.gatra.com/teknologi/41-ilmu-dan-teknologi/4248-samsung-kalahkan-apple]

 

View the original article here

Related For Samsung Kalahkan Apple?