Menu Utama

Pencipta Bahasa Pemrograman C Meninggal Dunia

| Info

NEW YORK – Dunia teknologi kembali kehilangan tokoh penting dalam dunia komputer. Dennis Ritchie, seorang ilmuwan komputer yang mempunyai banyak sumbangsih dalam dunia teknologi tutup usia pada umur 70 tahun.

Ritchie dikenal sebagai pelopor dalam ilmu komputerisasi modern. Dia merupakan “raksasa” dalam dunia teknologi, meskipun sebagian besar  orang tidak mengetahuinya. Demikian seperti dilansir Digital Spy,Jumat (14/10/2011).

Walaupun tak sepopuler Steve Jobs, namun pengaruhnya dalam dunia teknologi sama hebatnya. Ritchie merupakan penemu bahasa pemrograman C dan salah satu pengembangan Unix yang keduanya pendukung teknologi modern.

Bahasa C ini digunakan untuk memprogram sistem yang sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.

Sedangkan Unix menjadi sistem operasi pilihan untuk internet dan kemudian banyak digunakan pada berbagai jenis perangkat keras.

Prestasi Ritchie-pun banyak diakui, salah satunya pada tahun 1999 ketika ia di anugerahi US National Medal of Technology, penghargaan tertinggi di Amerika untuk teknologi.

Presiden Alcatel-Lucent Bell Labs, Jeong Kim mengatakan, “Ritchie benar-benar inspirasi bagi kita semua, bukan hanya karena prestasinya, tapi juga sebagai teman, penemu, dan seorang pria rendah hati yang ramah,” ujarnya.

Programer Google, Tim Bray-pun menyampaikan kesannya terhadap Ritchie melalui Twitternya, “Dia sudah membantuku dengan ciptaannya selama tiga puluh tahun,” kata Bray.

Seorang pengembang, James Grimmelman mengatakan bahwa pengaruh Ritchie setara dengan Jobs.

“Ritchie mempunyai pengaruh yang sama besarnya dengan Jobs, hanya saja itu kurang terlihat,” ujarnya di akun Twitternya. (tyo)

View the original article here

Related For Pencipta Bahasa Pemrograman C Meninggal Dunia