Menu Utama

Operator Seluler Targetkan Kenaikan Pendapatan Selama Ramadan

Operator seluler mulai bersiap-siap untuk mendongkrak pendapatan saat bulan Ramadan nanti, baik dari layanan jasa suara (voice), layanan pesan singkat (SMS) maupun data. Merekapun telah mendesain program-program promosi. PT Axis Telekom indonesia, misalnya, telah meluncurkan program promosi khusus untuk meraih pelanggan baru. Langkah tersebut tidak mustahil akan diikuti operator lain.

Direktur Penjualan Axis Syakieb A. Sungkar bilang, ia menargetkan kenaikan pendapatan dari semua jenis layanan naik hingga 20%. Menurut Syakieb ini potensial, karena saat Ramadan trafik komunikasi akan naik. Maklum, pelanggan memanfaatkan bulan Ramadan untuk bertutur sapa dan mengucapkan salam lewat telepon seluler. “Trafik naik, pendapatan kami akan naik,” ungkap Syakieb, Kamis (7/6).

Syakieb memprediksi kenaikan trafik untuk semua jenis layanan seperti suara, SMS, dan data pada waktu-waktu tertentu bisa mencapai 30-40%. Kenaikan trafik tersebut akan terjadi pada dua fase yakni di pagi hari dan di sore hari saat menjelang sahur dan berbuka. “Ini terjadi di hampir semua wilayah,” katanya.
Kenaikan tersebut dipengaruhi sesaknya jumlah pelanggan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Syakieb menuturkan, pada tahun 2009, Axis hanya memiliki 6 juta pelanggan, sedangkan saat ini Axis memiliki 12 juta pelanggan. “Jadi, trafik meningkat karena naiknya jumlah pelanggan,” katanya.

Agar loyalitas pelanggan bertambah, Axis meluncurkan program promosi bernama Berkah Blakblakan AXIS, kemarin. Promosi ini berlaku mulai 7 Juli kemarin hingga 15 September. Axis juga menggratiskan telepon lintas operator pukul 00.00-06.00. Selain itu ada diskon tarif SMS dan data. Promosi ini juga berlaku mulai kemarin hingga 15 September 2011. “Promosi ini bisa efektif untuk mengangkat nama produk,” ungkapnya.
Senada dengan Axis, XL juga berharap kenaikan revenue dari masa Ramadan. Febriati Nadira, Head of Corporate Communications PT XL Axiata Tbk (XL), bilang peningkatan trafik ini akan menunjang peningkatan pendapatan secara total hingga akhir tahun yang hingga mencapai 10%. “Momen Lebaran saat menunjang peningkatan pendapatan,” katanya.

Pada tahun 2010 lalu, XL mencatat hari pertama bulan Ramadan kenaikan trafik bisa mencapai 10% dibandingkan dengan hari-hari biasa. Ambil contoh pada hari pertama Ramadan, waktu panggilan bisa mencapai 560 juta menit. Padahal, hari biasa panggilan hanya 510 juta menit. “Jadi saat yang tepat juga untuk promosi layanan,” katanya.

Head of Corporate Communication PT Indosat Tbk Djarot Handoko bilang, Indosat juga bakal menggelar program promosi dalam berbagai bentuk. Bentuknya bisa berupa tarif murah, layanan mudik, hingga penjualan aplikasi. “Kami sudah siapkan promosi tersebut,” katanya.

[http://industri.kontan.co.id/v2/read/1310099167/72330/Operator-targetkan-kenaikan-pendapatan-selama-Ramadan]

View the original article here

Related For Operator Seluler Targetkan Kenaikan Pendapatan Selama Ramadan