Menu Utama

Operator Seluler Makin Serius Kembangkan Bisnis Iklan di Ponsel

Bisnis iklan via telepon seluler atau mobile advertising terus berkembang seiring jumlah pengguna telepon seluler terus meningkat. Salah satu yang akan mengembangkan bisnis ini adalah PT XL Axiata Tbk.

Saat ini XL sudah memiliki satu partner bisnis untuk mengembangkan aplikasi layanan mobile advertising. Menurut Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL, mobile advertising ini rencananya akan diluncurkan tahun ini. Namun ia enggan membeberkan konsep mobile advertising yang akan diluncurkan.

Selama ini XL belum mengeluarkan mobile advertising karena masih melihat seberapa besar potensinya. “Nah sekarang kami mobile advertising cukup menjanjikan, ” ungkapnya.

Menurut Nadira, sepertiga belanja modal XL untuk pengembangan layanan data dan mobile advertising. XL menargetkan mendapat Rp 3,48 triliun sampai Rp 3,87 triliun dari bisnis data yang termasuk mobile advertising di 2011.

Sekadar informasi, di Indonesia, dua operator sudah menjalankan layanan ini sejak tahun lalu yaitu Indosat dan Telkomsel.

Nyoto Priono, Vice President Mobile Advertising Management Telkomsel menuturkan potensi mobile advertising sangat besar. Dari total omzet pendapatan iklan dari semua media secara nasional sebesar Rp 56 triliun, Telkomsel mengincar pendapatan 5% dari situ dalam jangka waktu lima tahun. Artinya, Telkomsel membidik pendapatan omzet pendapatan iklan hingga sebesar Rp 2,5 triliun.

Saat ini, Telkomsel saat ini memiliki layanan mobile advertising seperti SMS2.0 Live dan Mobile Coupon. Nyoto menuturkan sat ini sudah bekerjasama dengan lebih dari 60 partner untuk mengembangkan aplikasi mobile advertising. “Keuntungan nanti dibagi dengan partner pengembang aplikasi, rata-rata porsi bisa kami bisa dapat 60% dan partner 40% bervariasi,” ungkapnya.

[Kontan Online]

 

Related For Operator Seluler Makin Serius Kembangkan Bisnis Iklan di Ponsel