Blog

NSN Sediakan Informasi Otomatisasi Bendungan Katulampa

JAKARTA – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Jawa Barat dan Nokia Siemens Networks bekerja sama untuk melakukan otomatisasi sistem pemantauan ketinggian air di Bendung Katulampa.

Penggunaan peringatan melalui SMS yang inovatif meningkatkan kesiapan menghadapi bencana banjir di Jakarta dan wilayah sekitarnya.

Dengan menggunakan CCTV dan layanan pesan pendek (SMS), staf DPSA dapat memberikan informasi yang lebih akurat mengenai ketinggian air Bendung Katulampa dan potensi terjadinya banjir di Jakarta, sebagai bagian dari sistem peringatan dini bencana banjir.

Hal ini memungkinkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk lebih siap menghadapi situasi bencana banjir.

Dengan menggunakan metode lama yang masih manual, seorang petugas di pos pengawasan Bendung Katulampa harus berjalan sejauh 150 meter ke dan dari pos ke bendungan untuk mengetahui status ketinggian air.

Dalam keadaan darurat (SIAGA), petugas tersebut harus mengirim informasi setiap lima menit yang mengharuskannya untuk berjalan bolak balik antara pos dan bendungan untuk mencatat ketinggian air.

 Nokia Siemens Networks bekerja sama dengan DPSDA untuk membangun  sistem pemantauan ketinggian air secara otomatis yang tidak mengharuskan petugas untuk melakukan inspeksi langsung  guna mengetahui status ketinggian air.

Alih-alih, petugas dapat mengetahui informasi tersebut melalui CCTV yang dipasang di sekitar Bendung Katulampa dan masyarakat bisa mengakses informasi tersebut dari situs web DPSDA atau layanan SMS.

“Dengan informasi yang lebih cepat dan akurat dari sistem pemantauan tinggi air otomatis yang kami kembangkan bersama  DPSDA, warga yang tinggal atau bekerja di daerah-daerah rawan banjir di Jakarta memiliki lebih banyak waktu untuk mengambil langkah-langkah antisipatif,” kata Lord Mangaraja, Occupational Health & Safety Manager, Nokia Siemens Networks, seperti dikutip melalui keterangan resminya, Sabtu (16/10/2011).

Untuk proyek ini, Nokia Siemens Networks menyediakan CCTV, Peilschaal (alat ukur), Analog Digital Converter Module, mobile monitoring dan komputer yang terpasang di Bendung Katulampa.

Nokia Siemens Networks juga mendukung DPSDA dalam merehabilitasi pos pengawasan dan memberikan pelatihan keselamatan kerja bagi para petugas di Katulampa.

Pemantau tinggi air otomatis di Bendungan Katulampa adalah salah satu program corporate social responsibility (CSR) Nokia Siemens Networks di Indonesia tahun ini. (tyo)

View the original article here

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply





[+] kaskus emoticons
What is 7 + 9 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)