Menu Utama

Lebaran, Telkomsel Siap Layani 1 Miliar SMS Per Hari

Browse » Home » , Telkomsel » Lebaran, Telkomsel Siap Layani 1 Miliar SMS Per Hari

Bukan cuma lonjakan arus mudik yang terjadi saat lebaran, tapi juga lonjakan komunikasi lewat layanan seluler. Untuk mengatasi lonjakan tersebut, berbagai provider telekomunikasi telah menyiapkan strategi.

Trafik SMS biasanya mengalami lonjakan sangat tinggi karena banyak yang berkirim ucapan lewat layanan tersebut. Operator pun harus menmabah kapasitas jaringannya untuk meng-handle lonjakan trafik tersebut.

“Menghadapi lebaran, kita sudah mengantisipasi sejak setelah lebaran tahun sebelumnya. Kita sudah menambah kapasitas untuk tahun ini dan bisa melayani sekitar 83 ribu SMS per detik atau totalnya 1 miliar SMS dalam sehari,” kata Aris Setyo Utomo, GM Network Plan and Control Telkomsel dalam acara Telkomsel Cellular Update yang diselenggarakan Senin (8/8/2011) di Jakarta.

Ia mengatakan seluruh BTS di kawasan Sumatra, Jawa Tengah hingga Kupang sudah di-upgrade kapasitasnya. Menurutnya, setiap lebaran selalu menjadi pembelajaran bagi Telkomsel. Untuk meningkatkan keterjangkauan, Telkomsel saat ini juga diperkuat dengan 39.000 BTS disertai 9000 B (BTS 3G).

“Di Pelni pun sudah ada BTS, jadi mereka yang mudik dengan Pelni juga bisa melakukan panggilan dengan Telkomsel,” ujar Aris.

Dalam jangka penjang, perbaikan akan terus dilakukan Telkomsel lewat modernisasi jaringan. Salah satunya pada perangkat BTS yang nantinya bisa melayani beragam teknologi, baik 2G, 3G maupun LTE. “Ke depan, satu perangkat bisa melayani beragam teknologi,” kata Aris.

Aris menuturkan, semua rencana modernisasi telah tertuang dalam Roadmap 2014. Telkomsel juga sedang melakukan studi untuk sharing infrastruktur dengan operator lain.



[http://tekno.kompas.com/read/2011/08/09/04465032/Lebaran.Telkomsel.Siap.Layani.1.Miliar.SMS.Per.Hari]

View the original article here

Related For Lebaran, Telkomsel Siap Layani 1 Miliar SMS Per Hari