Menu Utama

Layanan Data Telkomsel 101 Terabyte

| Info

JAKARTA, KOMPAS.com- Operator Telkomsel mengalami peningkatan trafik komunikasi saat Lebaran dengan melonjaknya trafik data hingga 101 terabyte atau meningkat 33 persen dibandingkan trafik di hari normal . Situasi yang sama juga terjadi pada penggunaan layanan pesan singkat (short message service/SMS) yang mencapai 1,2 miliar SMS atau meningkat 39 persen dari jumlah SMS di hari normal yang berkisar 864 juta SMS per hari.

Peningkatan trafik data di periode Lebaran salah satunya disebabkan makin banyaknya pelanggan Telkomsel yang mengucapkan “Selamat Hari Raya dan mohon maaf lahir batin” melalui akses video streaming maupun jejaring sosial Facebook dan Twitter.

Di samping itu, pemanfaatan layanan BlackBerry Telkomsel yang mencakup aplikasi chatting, browsing, dan social media juga meningkat hingga 2.3 Gbps, dibandingkan hari normal yang mencapai 1.9 Gbps.

Tingginya pemanfaatan layanan data di saat lebaran merupakan wujud tingginya kepercayaan pelanggan terhadap kualitas dan kapasitas jaringan broadband Telkomsel. “Keberhasilan ini merupakan kunci untuk mendukung kesuksesan bisnis mobile broadband,” kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno , Kamis (1/9/2011) dalam siaran persnya kepada Kompas.

Selain layanan data, peningkatan trafik juga terjadi pada layanan SMS yang melonjak 39 persen menjadi 1,2 miliar SMS per hari. Kenaikan trafik SMS mulai terjadi pada tanggal 29 Agustus (924 juta), H-1 Lebaran tanggal 30 Agustus (1,2 miliar), lalu Hari H lebaran tanggal 31 Agustus (967 juta).

Tercatat 99,63 persen dari semua SMS yang dikirim pelanggan Telkomsel saat Idul Fitri sukses sampai di nomor penerima, di mana 85,63 persen di antaranya tiba tidak lebih dari 30 detik. Lonjakan trafik SMS tersebut telah diantisipasi Telkomsel dengan meningkatkan kapasitas dari 80.000 SMS per detik pada lebaran tahun lalu, menjadi sanggup memproses 83.750 SMS per detik di Lebaran tahun ini.

Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelepon (voice) juga mengalami kenaikan, di mana trafik yang sukses dilayani sebesar 1,03 miliar menit atau meningkat 3 persen dibanding trafik suara pada hari normal yang berkisar 1 miliar menit.

Secara umum tidak ada kendala berarti yang diala mi Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan saat lebaran tahun 2011. Hal ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan pengecekan jaringan untuk mempersiapkan lonjakan tr afik komunikasi yang umumnya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru.

View the original article here

Related For Layanan Data Telkomsel 101 Terabyte