Menu Utama

Awal bulan puasa, trafik telekomunikasi melonjak



Sejumlah operator telepon seluler mulai merasakan lonjakan trafik di bulan puasa ini. Pada hari Minggu (31/7) atau satu hari sebelum bulan Ramadan tersebut, rata-rata para operator mencatat kenaikan trafik baik di layanan pesan singkat (SMS), layanan panggilan (voice) maupun layanan data.

Salah satunya adalah PT XL Axiata. Febriati Nadira, Head of Corporate Communication XL Axiata, mengatakan, kenaikan lalu lintas telekomunikasi ini karena orang banyak mengirimkan ucapan selamat kepada kerabat untuk menjalani ibadah menggunakan telepon seluler. “Jadi trafik melonjak,” katanya, kemarin.

Menurut Febriati, kenaikan ini mulai terjadi pada hari Minggu kemarin. Lonjakan tertinggi adalah pada layanan SMS yang mencapai 760 juta SMS atau naik 21% dibandingkan hari biasa yang hanya sebanyak 630 juta SMS. “SMS memang menjadi cara praktis orang untuk menyampaikan ucapan,” katanya.

Selanjutnya layanan voice XL mencapai 560 juta menit panggilan atau naik 6% dibandingkan hari biasa yang hanya sebesar 530 juta menit. Sedangkan pada layanan data, XL mencatat kenaikan hingga 36 terabytes atau naik 9% dibandingkan hari biasa yang sebesar 33 terabyte.

Nah, pada Senin (1/8) XL mencatat lonjakan yang lebih tinggi lagi dibandingkan dengan hari biasa. Menurut Ferbirati, jumlah trafik SMS XL Senin lalu mencapai 790 juta SMS. Angka ini naik 25% dibandingkan hari hari biasa.

Sedangkan trafik voice XL menyentuh angka 575 juta menit. Angka ini naik 8,5% dibandingkan dengan pemakaian layanan percakapan pada hari-hari biasa. Selain itu penggunaan data mencapai 36,5 terabyte atau naik 11% dibandingkan hari biasa.

PT Indosat Tbk juga mengalami kenaikan trafik serupa di hari yang sama. Menurut Djarot Handoko, Division Head Public Relations Indosat, mengatakan trafik terbesar adalah trafik SMS yang mencapai 794,26 juta SMS. Angka tersebut naik 131,62% dibandingkan dengan trafik SMS di hari biasa. “SMS jadi favorit,” katanya.

Selain itu trafik voice Indosat juga mengalami kenaikan sangat tinggi, hingga mencapai 114,17% dibandingkan hari hari biasa. Sedangkan trafik data meningkat hingga mencapai 27,33 terabytes atau naik 143,01% dibandingkan dengan hari hari biasa.

Djarot mengklaim, tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat mencapai 97% dan tingkat keberhasilan SMS antar operator juga naik mencapai 97%. Sedangkan tingkat keberhasilan voice mencapai 90% dan keberhasilan data mencapai 99,5%. “Artinya jaringan tetap bagus,” katanya.

Namun, Director of Sales AXIS, Syakieb A. Sungkar, bilang, untuk AXIS hanya ada peningkatan rata-rata 20% untuk semua layanan. Menurut Syakieb, bulan ini adalah waktu tepat untuk memastikan konsistensi kualitas jaringan para operator. “Ramadan waktu pas untuk menguji kualitas,” imbuhnya.

[http://industri.kontan.co.id/v2/read/1312335630/74471/Awal-bulan-puasa-trafik-telekomunikasi-melonjak]

View the original article here

Related For Awal bulan puasa, trafik telekomunikasi melonjak