Menu Utama

Ada Persoalan TKI, Telepon Saja ke 0800 1000

| Info

VIVAnews – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia meluncurkan pusat Pelayanan Pengaduan TKI atau Call Center 24 Jam. Call Center BNP2TKI ini menggunakan nomor telepon “Halo TKI” 0800 1000  yang dapat diakses dari seluruh Indonesia baik melalui telepon rumah maupun telepon seluler (mobile phone).


“Sebelum tanggal 1 Juli 2011, hanya pengaduan dari layanan provider (penyedian jasa telepon) grup Telkom yang bebas pulsa alias gratis, apakah dari telepon rumah ataupun telepon seluler yang dikelola pihak Telkom. Sedangkan efektif mulai 1 Juli 2011, akses telepon ke 0800 1000 semuanya bersifat bebas pulsa menggunakan sarana telepon milik seluruh provider yang ada,” kata Kepala BNP2TKI, Jumhur Hidayat, Senin, 27 Juni 2011.


Jumhur mengatakan, selain melalui nomor telepon Halo TKI 0800 1000, Call Center BNP2TKI juga melayani pengaduan berupa SMS di nomor 7266 tanpa dikenai biaya sejak 1 Juli 2011 itu, kecuali untuk akses yang berasal dari layanan grup Telkom. Pengaduan SMS ke nomor 7266 milik Call Center BNP2TKI itu menggunakan cara: ketik ACA#TKI#NAMA PENGIRIM#KASUS/MASALAH YANG DIADUKAN dan ditulis dalam huruf kapital.


“Semua biaya telepon dan SMS ditanggung dengan anggaran negara yang ada di BNP2TKI,” ujar Jumhur.


Selain melalui telepon, Call Center BNP2TKI juga menerima pengaduan langsung atau tatap muka, melalui faksimili di nomor (021) 7981205 serta surat-menyurat ke alamat Call Center BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan, dan surat elektronik atau email ke This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Untuk pengaduan telepon dari luar negeri dapat menggunakan nomor telepon +6221 29244800 namun tidak bebas pulsa. Hal yang sama berlaku untuk pengaduan SMS ke nomor 7266 dari luar negeri.


Call Center BNP2TKI, kata Jumhur, beroperasi 24 jam penuh selama tujuh hari dalam seminggu. ”Berbagai pengaduan mengenai permasalahan atau kasus TKI akan dilayani oleh para petugas Call Center BNP2TKI yang sudah dilatih dengan baik, untuk bersikap cekatan dan tanggap dalam menghadapi kasus aduan telepon atau langsung,” jelasnya.


Dengan demikian, lanjutnya, para TKI dan keluarganya yang mengalami permasalahan dapat menyampaikan pengaduan pada Call Center BNP2TKI dengan leluasa. Setiap kasus yang diadukan ke Call Center BNP2TKI, akan ditindaklanjuti dengan proses pendataan online, klarifikasi, validasi dokumen yang diperlukan, serta jawaban terkait perkembangan penananganan masalah kepada pelapor dengan cara langsung atau dalam bentuk penjelasan lewat surat elektronik.


“Mengenai tahap penyelesaiannya akan dilakukan oleh internal BNP2TKI atau melibatkan BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI—unit teknis BNP2TKI yang ada di daerah) sesuai kewenangannya dengan prinsip cepat, mudah, dan aman alias tidak menyulitkan si pelapor atau mengendapkan kasusnya,” jelas Jumhur.


Jumhur mengaku, penyelesaian kasus aduan ke Call Center BNP2TKI masih memerlukan keterlibatan pihak di luar BNP2TKI seperti pada tingkat pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten, kota, perwakilan RI di luar negeri, dan perusahaan pengerah jasa TKI serta perusahaan asuransi TKI.  


Call Center BNP2TKI sendiri secara garis besar memberi layanan dalam jenis informasi yang ditanyakan TKI, pendampingan kasus atau hukum TKI, penanganan mediasi TKI, serta penuntasan kasus yang diadukan. (umi)


 

Related For Ada Persoalan TKI, Telepon Saja ke 0800 1000